10 Cara Alami Untuk Memperbanyak ASI Yang Terbaik Dan Akurat

Apakah bunda sedang mencari bagaimana cara alami memperbanyak ASI bagi sang buah hati pasca kelahiran? Ya, memastikan buah hati mendapat asupan ASIyang cukup memang sangat penting untuk daya tahan dan daya kembang buah hati kedepannya. Dengan tercukupinya ASI, maka makanan dan minuman yang dibutuhkan pasca kelahiran bayi akan terpenuhi. Air Susu Ibu sendiri akan terus dikonsumsi oleh bayi selama 6 bulan pasca kelahiran. Atau dalam dunia kedokteran, waktu ini disebut sebagai masa eksklusif. Pada waktu tersebut, ibu dilarang untuk diberikan makanan dan minuman apapun kecuali hanya ASI.

Kerap kali karena pentingnya ASI untuk sang buah hati, bunda bingung dan khawatir tidak bisa mencukupi asupan ASI, karena menganggap dirinya tak bisa memproduksi ASI dalam jumlah yang cukup. Bagi bunda yang berpendapat demikian, santai saja dan tenangkan pikiran terlebih dahulu. Ada banyak cara sederhana namun akurat yang bisa bunda terapkan. Bunda sungguh beruntung kali ini, pasalnya pada pembahasan kali ini kita akan membahas apa saja cara alami terbaik agar bunda bisa memproduksi ASI lebih banyak dan akhirnya bisa mencukupi kebutuhan ASI sang buah hati. Simak terus pembahasannya.

Cara Alami Untuk Memperbanyak ASI Terbaik

  1. Banyak Minum Air Putih

Cara pertama yang bisa bunda terapkan selama masa kehamilan dan masa menyusui adlah memperbanyak konsumsi air putih. Ini adalah cara dasar yang kerap kali bunda melupakannya. ASI sudah kita tahu memang berbahan dasar dari air. Sehingga, silahkan saja bunda untuk memperbanyak konsumsi air putih. Tujuannya agar ASI bisa lancar, kental, melimpah, berkualitas dan juga lancar terus. Bunda bisa mengkonsumsi air putih minima 8 gelas sehari. Sembari membiasakan kebiasaan ini, bunda bisa saja membarengi dengan konsumsi jus buah.

  1. Sering menyusui

Selain banyak minum air, cara alami untuk memperbanyak ASI yang bisa coba oleh bunda adalah memperbanyak intensitas menyusui atau pemberian asi kepada sang buah hati. Ini tujuannya agar bunda bisa memproduksi banyak asi nantinya. Teori sederhanya demikian, payudara bunda diibaratkan sebagai pabrik, dimana dipabrik tersebut akan terus dirangsang agar nantinya produksi asi bisa terus-menerus dihasilkan. Dalam prakteknya, bunda bisa saja memberikan ASI 2 hingga 3 jam sekali.

  1. Gantian Payudara Saat Menyusui

Saat bunda menyusui sang buah hati, sangat disarankan untuk menggganti payudara yang digunakan untuk menyusui. Contoh sederhana, bunda bisa saja bergantian dari payudara kanan. Dimana saat payudara ini sudah habis susunya, bisa langsung mencoba lagi pada payudara bagian kiri dan begitu seterusnya. Dengan begitu, bagian payudara, baik yang kanan ataupun yang kiri akan langsung terangsang untuk memproduksi atau mengisi payudaranya lagi saat ASI sudah habis.

  1. 4.Pijat dan bersihkan payudara

Teknik memijat dan membersihkan payudara memang tak bisa dilakukan secara sebarangan tanpa pengetahuan. Walaupun begitu, pada pembahasan ini diberikan bagaimana trik khusus untuk melakukan pemijatan dan juga pembersihan pada bagian payudara. Pertama, lakukan pemanasan menggunakan handuk hangat setidaknya selama dua menit. Ulangi langkah ini setidanya 3 hingga 5 kali. Pijat puting secara perlahan dari arah atas ke bawah. Pada bagian aoreola, pijat secara perlahan dari atas ke bawah dan dari kanan ke kiri setidaknya 5 hingga 7 kali. Selanjutnya, pijat dengan memutar pada bagian payudara. Untuk pembersihkan payudara sendiri, bunda sangat dilarang membersihkan menggunakan sabun. Ini disebabkan agar menghindari rasa kaku dan kering pada bagian puting serta areola.

  1. Kuasai teknik menyusui dengan benar

Ternyata menerapkan teknik menyusui dengan benar juga termasuk dalam cara alami memperbanyak ASI yang dicoba di rumah. Posisi menyusui yang benar adalah bayi benar-benar menempel dengan bunda. Mulut dan juga dagu bayi harus menempel di payudara serta mulut bayi terbuka lebar. Ini artinya, bagian areola sendiri bakal tertutupi dengan mulut sang buah hati. Selain itu, usahakan posisi puting dan juga lengan bayu ada pada garis lurus. Tujuannya agar buah hati bisa lebih leluasa untuk mengisap ASI dengan perlahan namun benar-benar kuat.

  1. Jangan Gunakan Dot Susu

Saat buah hati dibiasakan menghisap menggunakan dot, biasanya mereka akan menolak saat menyusui dari sumber aslinya sendiri, yakni dari puting bunda. Hal ini disebabkan karena memang penggunaan dot yang digunakan untuk mengeluarkan ASI cenderung mudah untuk dilakukan dibandingkan harus menggunakan payudara asli. Karena itulah, sangat disarankan bagi bunda untuk tidak memberikan atau menggunakan dot dari susu.

  1. Pompa ASI setelah proses menyusui

Cara alami memperbanyak ASI yang satu ini sangat pas bagi bunda yang notabennya adalah wanita karir atau wanita yang harus membantu perekonomian keluarga. Memompa ASI ini bisa dilakukan saat bunda merasa bahwa payudaranya belum benar-benar kosong saat proses menyusui sudah dilakukan. Bagi bunda yang bekerja, sangat disarankan untuk memompa ASI setidaknya selama 15 menit setiap jamnya. Ini akan membantu hormon untuk memproduksi ASI secara melimpah dan banyak tentunya.

  1. Konsumsi Makanan Sehat

Nah, khusus bunda yang sudah masuk di fase menyusui, sangat disarankan untuk memilih dan mengkonsumsi makanan yang baik dan melancarkan produksi ASI. Tujuannya, agar ASI benar-benar bisa keluar dengan banyak dan juga lancar. Dengan demikian, bisa dipastikan bahwa kebutuhan nutrisi dan gizi sang buah hati bisa terpenuhi dengan baik nantinya. Sangat disarankan mengkonsumsi makanan yang mengandung senyawa karbohidrat, mineral dan juga vitamin. Untuk porsi makanannya sendiri, ada baiknya bunda jangan membatasi asupan senyawa penting tersebut. Untuk bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal, cara alami untukmemperbanyak ASI lanjutan yang bisa dilakukan adalah mengkonsumsi daun pepaya dan juga daun katuk secara rutin.

  1. Jangan Stres

Dasarnya, suasana hati sang bunda juga mempengaruhi produksi ASI. Saat bunda berada pada kondisi yang tidak nyaman alias banyak pikiran, produksi ASI bisa saja langsung menurun. Bahkan tak menutup kemungkinan akan tidak diproduksi sama sekali. Agar bunda tak stress, disarankan untuk tidak terlau banyak pikiran. Dan yang pasti, peran suami dan anggota keluarga lain sangat diperlukan agar tidak membuat kondisi bunda stress.

  1. Hindari rokok, alkohol dan begadang

Tiga kebiasaan buruk ini merupakan salah satu pemicu produksi ASI yang menurun. Bunda yang memiliki kebiasaan tersebut, begitu disarankan untuk menjauhkan kebiasaan ini pasca melahirkan. Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi jika rokok dan alkohol cenderung memiliki efek racun. Dimana, racun ini akan langsung berimbas pada produksi ASI bunda. Pastikan bunda jangan merokok, minum alkohol untuk hidup sehat dan berguna untuk sang bayi nantinya..

Itu tadi beberapa cara alami memperbanyak ASI yang bisa bunda coba di rumah. Bunda juga bisa mengimbangi cara alami ini dengan mengkonsumsi suplemen khusus untuk menambah produksi ASI.