5 Kuliner Asal Jogja Yang Harus Dicoba

Daya tarik Jogja tidak ada habisnya. Kota yang istimewa ini merupakan destinasi wisata yang sangat terkenal bagi wisatawan domestik dan juga mancanegara. Tidak hanya soal tempat wisata berupa candi, wahana modern, atau wisata kebudayaannya saja,

Jogja juga memiliki berbagai kuliner asli Jogja yang sangat digemari oleh banyak orang. Disini akan dibagikan 5 kuliner asal Jogja yang wajib anda coba jika berkunjung ke Jogja.

Sebelum membahas lima kuliner asal Jogja, perlu juga anda cari tahu dimana letak wisata kulinernya sebelum langsung pergi ke Jogja. Kuliner yang akan dibahas ini memang akan sangat menggoda. Namun ada baiknya mengetahui dulu tempat dimana tempat kuliner yang benar benar enak.

Untuk 5 kuliner asal Jogja, berikur daftar dan ulasannya:

Gudeg Jogja

Gudeg JogjaSiapa yang tidak kenal Gudeg. Walau bisa dijumpai di berbagai daerah lain selain Jogja, namun gudeg asli Jogja dan rasanya akan berbeda dengan gudeg tempat lain. Gudeg merupakan makanan tradisional berasal dari nagka muda dan rasanya manis.

Gudeg disajikan dengan menu pilihan telur, tahu, atau ayam dan ada tambahan rasa pedas berasal dari krecek dan tempe bumbu pedas.

Kepopuleran gudeg juga membuat kota Jogja dijuluki sebagai Kota Gudeg, karena memang sangat enak dan disukai banyak orang. Masakan berasal dari buah ini memang unik dan juga dimakan kapanpun. Mulai dari tempat makan gudeg mewah hingga dijual di trotoar, penjual gudeg sangat mudah ditemui jika anda pergi ke Kota Jogja.

Sate Klatak

Kuliner sate di Jogja ini bukan seperti sate pada umumnya. Sate klatak sangat dikenal di Jogja karena penyajiannya yang berbeda dan rasanya pun cukup berbeda. Sate ini tidak menggunakan tusuk biasa seperti tusuk dari bambu dan diolah bumbu bermacam macam. Sate klatak ini menggunakan tusuk dari jeruji sepeda.

Unik bukan?

Jeruji sepeda yang berasal dari besi ini membuat panas terhantar dengan baik hingga daging satenya. Suara yang dihasilkan saat sate dibakar yang berbunyi “klatak klatak” membuat nama sate asli Jogja ini disebut sate Klatak. Bumbunya pun hanya garam dan setelah matang hanya disiram kuah gulai saja. Jika anda ingin mencobanya, anda bisa membelinya di sepanjang jalan Imogiri Jogja.

Bakpia

Makanan ringan ini juga menjadi ikonik Jogja. Bakpia berasal dari tepung dan awalnya memiliki isian kacang hijau. Namun, semakin berkembangnya jaman bakpia ada isian lain seperti keju, hingga durian.

Bakpia ini menjadi pilihan buah tangan dari Jogja yang tepat karena rasanya sangat enak. Bakpia bisa dijumpai diberbagai toko oleh oleh di Jogja dan sentra bakpianya berada di Pathuk, sebelah barat Jalan Malioboro.

Oseng Mercon

Jogja yang terkenal kuliner gudeg manisnya, namun juga memiliki kulineran pedas yaitu oseng oseng mercon. Oseng Mercon ini berupa tetelan sapi yang dimasak pedas dari cabai rawit.

Angkringan

Angkringan Jogja

Jogja tidak terpisahkan dari Angkringan. Di setiap sudut pasti ada Angkringan sebagai tempat makan dan jajan dengan harga murah. Menu yang terkenal adalah nasi kucing berupa nasi bungkus kecil yang hanya sekitar 3 suapan saja, dengan lauk ikan teri pedas.

Kalau kamu perhatikan di sosial media, banyak foto lucu yang di upload para pecinta kuliner setelah mereka berlibur ke jogja. Sekarang giliran kamu untuk mencoba sedapnya kuliner dari Jogja.