5 Masakan Asal Jawa Timur Yang Terkenal

Masakan khas Jawa Timur sudah sangat dikenal oleh banyak orang di Indonesia. Berbagai warung, kedai, hingga restoran dengan hidangan khas Jawa Timur banyak dijumpai disejumlah tempat di penjuru Indonesia. Walaupun banyak sekali kuliner asal Jawa Timur, namun disini akan dibagikan 5 masakan asal Jawa Timur.

5 masakan asal Jawa Timur ini digemari oleh banyak orang dimanapun tempat makannya berada. Baik berada di Jawa Timur maupun diluar Jawa Timur, kulineran khas Jawa Timur tetap menjadi idola. Makanan khas Jawa Timur ini juga diminati oleh banyak orang termasuk juga selain warga asli Jawa Timur.

Ini dia lima masakan asal Jawa Timur yang bisa anda coba dan terkenal di Indonesia:

Soto Lamongan

Soto Lamongan banyak dijumpai di berbagai kota baik di Jawa Timur maupun luar Jawa Timur. Soto Lamongan ini berbeda dengan soto soto yang ada di Indonesia.

Yang menjadi beda adalah soto ini terkenal dengan bumbu koya.

Tahukah anda apa koya itu?

Koya berupa bumbu serbuk berasal dari kerupuk udang dan juga bawang putih.

Rawon

Pencinta kuliner Jawa Timur pasti sudah pernah memakan Rawon. Bagi anda yang belum pernah mencobanya dan belum mengetahuinya, Rawon ini merupakan makanan berkuah cokekat kehitaman.

Isinya berupa tauge, telur, sayuran hijau dan juga daging sapi. Rawon sangat nikmat dimakan dengan nasi hangat.

Berbeda dengan soto, Rawon berkuah agak kental dan warnanya pun unik. Rawon ini sangat banyak penggemarnya. Banyak juga terdapat di kota kota besar di Indonesia. Jadi, jika anda ingin mencobanya tidak perlu jauh jauh datang ke Jawa Timur.

Rujak Cingur

Rujak Cingur populer di Jawa Timur karena unik. Bukan sekedar rujak biasa, rujak Cingur memiliki dua keunikan. Yang pertama, bumbunya berasal dari petis, gula merah, dan kacang tanah.

Lalu, keunikan yang kedua adalah sesuai dari namanya yaitu menggunakan Cingur atau mulut sapi.

Memang tidak semua orang menyukainya karena membayangkan cingur sapi. Namun saat sudah mencicipinya, banyak orang yang menjadi menyukainya.

Lontong Balap

Kuliner khas Jawa Timur yang satu ini memang unik. Dari namaya saja sudah menarik.

Namun ini bukan sebuah perlombaan, hanyalah nama saja.

Lontong balap berisi tauge, lenthok, bawang goreng, telur dan tahu goreng dengan disiram kuah yang sangat enak.

Pecel Lele Lamongan

Masakan ini bukanlah pecel seperti biasa. Namun, berupa sajian makanan nasi putih hangat, lele goreng kering, lalapan, dan sambal yang disiram diatas lele berupa sambal yang tidak terlalu pedas.

Kenikmatan sambal pecel lele lamongan ini sangat khas dan membuat ketagihan siapapun yang mencobanya.

Tidak hanya lele, biasanya tersedia juga pilihan ayam goreng, bawal, atau juga bebek goreng.